Oleh : Mujang Kurnia*

---
Sebagaimana kita ketahui, bersedakah adalah perbuatan yang sangat mulia dan sangat dianjurkan oleh agama.

Bersedekah bisa dilakukan oleh setiap orang, dengan berbagai cara dan bentuk, ada yang berupa uang, barang, makanan, minuman, pakaian, ilmu, tenaga, waktu, dan berbagai hal lainnya bahkan termasuk bisa hanya dengan senyuman.

Kali ini saya ingin sedikit sharing perihal cara bersedekah orang-orang sukses.

Karena sedekah memiliki rumus semakin diberikan akan semakin bertambah, maka bagi mereka, yaitu orang-orang sukses memanfaatkan betul perilaku bersedekah ini sebagai pelipat ganda atas apa yang mereka miliki.

Jika memiliki uang, mereka bersedekah dengan uang, jika memiliki barang, mereka bersedekah dengan barang, jika memiliki ilmu, mereka bersedekah dengan ilmu, jika memiliki kekuasaan, mereka bersedekah dengan kekuasaannya, intinya mereka selalu bersedekah dengan apa yang mereka miliki.

Nah, dengan begitu mereka ternyata justru semakin sukses, apa yang mereka miliki semakin bertambah dan berkah.

Untuk menjadikan setiap sedekahnya benar-benar menjadi berkah dan melipat gandakan, orang-orang sukses rupanya memiliki cara terbaik dalam menyalurkan sedekah.

Cara terbaik tersebut meliputi waktunya, bentuknya, jumlahnya dan objek penerimanya.

Pertama, Waktunya; Selain membiasakan bersedekah pada waktu kapan saja, orang-orang sukses memiliki waktu khusus untuk mengeluarkan sedekah agar bisa melipat gandakan secara maksimal, paling tidak diantaranya pada waktu pagi, pada hari jumat, serta pada bulan Ramadhan.

Kenapa pada waktu-waktu tersebut? Karena waktu-waktu tersebut telah terbukti memiliki keistimewaan yang spesial di hadapan Allah.

Kedua, Bentuknya; Selain memperhatikan waktunya, orang-orang sukses dalam bersedekah juga sangat memperhatikan bentuknya, yaitu bentuk yang disedekahkan selalu yang terbaik. Bukan sisa, bukan bekas, tidak cacat, tidak rusak, dan lainnya.

Ketiga Jumlahnya; Orang-orang sukses dalam bersedekah tidak nanggung, selain bentuk yang terbaik juga selalu dengan jumlah terbaik.

Pernah dengar kisah Abu Bakar? Berapa kebiasaan sedekah Abu Bakar kala itu? Beliau bersedekah seluruh harta yang dimilikinya. kalau Umar? Umar separoh dari harta yang dimilki, dan banyak lagi contoh orang-orang sukses dalam bersedkah dengan jumlah yang fantastis.

Keempat Objek Penerimanya; Orang-orang sukses dalam bersedekah juga sangat memperhatikan objek penerimanya.

Selain memberikan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti fakir miskin, dan anak yatim dhuafa, mereka juga sangat cerdas menyalurkan kepada yang bisa melipat gandakan secara maksimal, diantaranya membangun lembaga pendidikan, sehingga selama lembaga pendidikan tersebut beroperasi makan pahala jariyahnya akan terus mengalir.

Selain itu, mereka juga bersedekah kepada para ulama dan para guru-guru yang berpengaruh, karena dengan bersedekah yang terbaik kepada mereka, contoh memberikan pakaian terbaik untuk ulama, selama pakaian tersebut digunakan oleh ulama baik untuk sholat atau berdakwah, maka Insya Allah pahalanya mengalir terus, terlebih kualitas amal para ulama pasti lebih diterima oleh Allah.

Membiayai dakwah Islam, orang-orang sukses juga senantiasa bersedekah untuk mensupport perjuangan dakwah islam, baik harta, maupun tenaga.

Dan masih banyak lagi hal-hal yang biasa dilalukan oleh orang-orang sukses atau bagi yang mau sukses dalam bersedekah, sehingga membuat mereka semakin sukses di dunia dan akhirat.

Allahu'alam...

*
Mujang Kurnia adalah CEO Rumah Prestasi yang bergerak di bidang pelatian dan pengembangan diri, program tahfizhpreneur dan leadership.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama