Mujang Kurnia Pemuda Pelopor
Foto : Mujang Kurnia bersama Menpora RI

Baru-baru ini, Provinsi Banten mendapatkan kebanggaan yang luar biasa karena salah satu pemudanya, Mujang Kurnia, terpilih sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional yang diberikan penghargaannya oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia pada acara puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke 93 Tahun (28 Oktober 20221) di Ibu Kota Jakarta.

 

Siapakah Mujang Kurnia itu? Mari kita berkenalan dengan sosok pemuda asal Banten yang telah mengharumkan daerah asalnya.

 

Mujang Kurnia atau biasa disapa Mujang adalah Presiden Direktu atau CEO Rumah Prestasi. Ia lahir dari pasangan keluarga sederhana di pelosok kampung di Kabupaten Lebak Provinsi Banten. Mujang sempat tidak diizinkan untuk sekolah dan kuliah oleh orang tuanya karena faktor ekonomi, bahkan ia sering tidak bisa ikut ujian sekolah hanya karena belum membayar biaya SPP. Namun berkat tekadnya yang kuat, Mujang Kurnia mampu menyelesaikan pendidikannya bahkan keluar dari pelosok kampung dan bisa kuliah dengan biaya sendiri.

 

Meski memiliki keterbatasan ekonomi tidak menjadikannya berhenti untuk berprestasi, saat di bangku sekolah Mujang pernah meraih penghargaan dari KNPI Kabupaten Pandeglang atas Nilai UN Tertinggi Sekolah dan berbagai prestasi lainnya. Mujang Kurnia juga pernah meraih Penghargaan Creativepreneur Student serta Beasiswa Nasional MES Foundation saat kuliah. 

 

Mujang menyelesaikan sekolah dasarnya di SD Negeri Katapang 02, lalu melanjutkan ke MTs Negeri Cikeusik yang saat ini menjadi MTsN 6 Pandeglang, kemudian masuk ke SMK Negeri 5 Pandeglang.

 

Mujang Kurnia juga aktif pada berbagai kegiatan dan organisasi, di bangku sekolah ia pernah menjadi Ketua OSIS di SMKN 5 Pandeglang, saat kuliah ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Komunitas Ekonomi Syariah, Ketua Umum FoSSEI Banten, Ketua Umum BEM Fakultas, dan saat lulus ia didaulat untuk  menjadi Ketua Umum pertama Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten.

 

Saat ini selain sebagai Presiden Direktur & CEO Rumah Prestasi ia juga merupakan Trainer & Inspirator Muda berprestasi kebanggaan Provinsi Banten. Bukunya yang berjudul Semua Bisa Kuliah telah diseminarkan di berbagai daerah dan menginspirasi ribuan pelajar dan mahasiswa di Indonesia. Ia juga memiliki beberapa perusahaan diantaranya Media Karya Publishing.

 

Sebagai seorang yang terlahir dari kampung dengan keterbatasan biaya dan akses terhadap pendidikan, hal tersebut menjadi motivasi bagi Mujang untuk mendirikan Rumah Prestasi sebagai wadah pembinaan dan memfasilitasi generasi muda untuk menjadi pribadi yang unggul dan berkontribusi kepada bangsa.

 

Bersama Rumah Prestasi kini Mujang sering terjun ke berbagai daerah dan pelosok desa khususnya di Banten untuk membangkitkan semangat berpendidikan dan berprestasi untuk negeri.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama