Yayasan Kampung Menyala Indonesia bergerak ke timur Indonesia, yaitu Pulau Seraya Marannu, Labuan Bajo-NTT. Daerah yang berjarak 10 kilometer sebelah utara dari Kota Labuan Bajo dan masuk dalam Taman Nasional Komodo memiliki suasana pantai kepulauan indah. Desa Seraya Marannu memiliki luas wilayah 755 km2 kurang lebih 30 persen dari total luas keseluruhan Pulau Seraya Besar.

 

Jumlah penduduk desa sebanyak 619 orang dengan 168 kepala keluarga. Ada banyak ragam tradisi unik yang dimiliki dan terjaga sangat baik di desa dengan keseluruhan penduduk beragama muslim. Maka, dalam rangka upaya menjaga, memelihara kehormatan dan kesucian Al-Qur`an, Kampung Menyala bergerak mengajak seluruh pemuda nusantara untuk bergabung dalam ekspedisi yang bertemakan “Qur’an Camp Bersama Kemilau Senyum Anak-anak Kepulauan Seraya Marannu-Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur”.

 

Dibersamai 18 relawan yang berasal dari berbagai daerah dan turut mengajak pemuda serta pemudi daerah dari PKBM Indonesia Mengabdi Labuan Bajo, bergerak bersama membumikan kemuliaan Al-Qur’an di Pulau Seraya Marannu.

 

Kegiatan yang dilkasanakan melibatkan peran aktif perangkat daerah, masyarakat, sekolah dan anak-anak, diantaranya adalah edukasi pengolahan sampah organik dengan pembuatan ecoenzym, pengolahan sampah plastik dengan inovasi pembuatan batako, green campaign “reusable mask”, agenda susur dan bersih-bersih pantai, program fun learning yang terhimpun dalam pembelajaran hand lettering, science project, kelas cita-citaku, fun games, serta acara puncak Qur’an Camp dimeriahkan dengan pawai obor dan pentas seni islami yang menutup seluruh rangkaian program. 

 

Dalam kesempatan ini Yayasan Kampung Menyala Indonesia juga menyalurkan donasi dari berbagai donatur diantaranya 168 paket sembako untuk 168 Kepala Keluarga, 75 paket Al-Qur’an dan alat shalat, serta 75 paket alat tulis untuk 75 anak-anak. Selain itu, Kampung Menyala menyalurkan sebanyak 12 paket beasiswa pendidikan kepada para penerima.

 

Terima kasih kepada seluruh relawan yang turut terlibat aktif menyukseskan program. Terima kasih kepada seruluh perangkat desa dan masyarakat Pulau Seraya Marannu yang telah menerima dan mendukung program ini dengan baik. Terima kasih kepada para donatur yang turut mendukung suksesnya program ini.

 

Besar harapan program ini akan berkelanjutan, memberikan banyak energi positif, nyala dan aksi nyata, khususnya untuk Desa Seraya Marannu dan umunya untuk berbagai  daerah di nusantara lainnya. Terima kasih semua pihak yang telah mendukung program ini,

 

PKBM Indonesia Mengabdi Labuan Bajo, Pemerintah Desa Seraya Marannu, Labuan Bajo, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, FKIP UNTIRTA, Prodi Pendidikan IPA UNTIRTA, Alumni Pendidikan IPA UNTIRTA, Yayasan Baitul Mal PLN, HMJ Pendidikan IPA UNTIRTA, Untirta Kita, ACT Serang Raya, DRT Riau, NR Foundation, Dua Kelinci, Bazis Wali Kota Jaktim, 1001 Cita dan Al Azhar Syifa Budi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama