KabarPrestasi.Com - Salah satu putra Banten dr. Omat Rachmat Hasbulloh, Sp.OT., mendapatkan penghargaan tingkat nasional Sosok Inspiratif Merdeka Award 2022 (Inspirasi Indonesia) kategori Sosok Tenaga Kesehatan Insipratif dari Merdeka.Com (23/06)


Dosen sekaligus Wakil Dekan III Fakultas Kedoteran (FK) Untirta ini mendapatkan anugerah karena telah mengabdi dalam bidang kesehatan dan sepak terjangnya dalam memperjuangkan hak kesehatan warga Suku Baduy di Lebak Banten.


Omat dinilai berhasil dan menginspirasi dalam dunia kesehatan di Indonesia karena menangani masalah kesehatan di suku Baduy yang sangat pelik dan tidak dapat tertangani dengan baik karena tertutupnya akses di wilayah tersebut serta terbentur dengan aturan hukum adat.


Namun tantangan tersebut berhasil Omat hadapi dengan perjuangan melalui pengobatan gratis bagi suku Baduy dan berbagai tindakan kesehatan lainnya seperti operasi darurat di permukiman Baduy Dalam demi keselamatan dan kemanusiaan.


Motivasi dr. Omat melakukan pengobatan di pedalaman suku Baduy karena ingin bermanfaat bagi sesama dengan keahlian yang dimilikinya.


“Sebaik-baiknya kalian adalah yang paling banyak bermanfaat bagi orang lain” (HR. Ahmad). Teruslah menelurkan dan menularkan kebaikan bagi sesama. Kebaikan kecil yg dilakukan secara terus menerus lebih Allah sukai daripada kebaikan besar yg tidak dilakukan terus menerus. Setiap dari kita bisa menjadi menara air yang menjulang tinggi dan menebar kemanfaatan bagi orang lain,” ujar Omat dalam postingan di akun pribadinya.


Sementara itu, Arif Kirdiat selaku pendiri Relawan Kampung yang membersamai perjuangan Omat mengungkapkan bahwa sudah sewajarnya Omat mendapatkan penghargaan trsebut.


“Hari ini beliau dianugerahi Tokoh Merdeka dari salah satu situs berita nasional. Dewan juri berasal dari kalangan independen dan sudah selayaknya beliau mendapat penghargaan ini. Barakallah.” Tulis Arif di akun media sosialnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama