Dua komunitas anak muda bernama Ideal Ummah (@idealummah) dan Youth Qur’anic Madani (@youth.qm) berkolaborasi mengadakan webinar Bincang Muda #1 dengan tema “Kuliah Sambil Menghafal Qur’an? Kenapa Nggak?” melalui google meet pada hari Jum’at. (15/7/22)

Dalam kesempatan tersebut, kegiatan ini menghadirkan pembicara yang merupakan mahasiswa Universitas Lipia Jakarta yaitu Ustadz Nabil Aziz. Beliau juga adalah seorang pengajar tahfidz dan bahasa Arab sekaligus founder/content creator @kita_bahas.


Founder dari Ideal Ummah, Khairul Abas mengatakan bahwa webinar ini merupakan salah satu program rutin yang disajikan untuk seluruh generasi muda muslim di Indonesia.


“Bincang Muda #1 ini salah satu program awal dari kami yang InsyaAllah nanti akan dirutinkan setiap 2 minggu sekali. Sasarannya untuk para generasi muda muslim dimanapun dan untuk tema yang akan dibahas nantinya adalah tema yang relevan dan pastinya bermanfaat bagi temen-temen semua”.


Abdul Hakim selaku founder dari Youth Qur’anic Madani sekaligus penggagas tema pada webinar tersebut mengungkapkan bahwa peradaban terbaik adalah peradaban yang dekat dengan Al-Qur’an.


“Pemuda hari ini, memiliki peran yang sangat penting untuk membangun peradaban islam yang lebih baik, dan peradaban terbaik adalah peradaban yang paling dekat dengan Al Qur'an, semoga dengan diadakan bincang muda seputar Al Qur'an menambah motivasi kepada pemuda untuk semakin bersemangat berinteraksi dengan Al Qur'an”.


Pada penyampaian Ustadz Nabil Aziz, beliau menjelaskan bahwa Al-Qur’an akan datang dan memberi syafa’at bagi para pembacanya.


“Kalau kita berusaha menghafal Qur’an berarti semakin banyak bacaan yang terus kita ulang dan nantinya Al-Qur’an itu akan menjadi syafa’at bagi siapapun yang seringkali membacanya. Seperti apa yang dikatakan Nabi bahwa “Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya dia (Al-Qur’an) akan datang pada hari kiamat memberikan syafa’at bagi pembacanya. (HR. Muslim)”.


Kegiatan ini diakhiri dengan doa dan harapan semoga generasi muda saat ini menjadi generasi yang mencintai Al-Quran dan mampu menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama