Guna meningkatkan minat belajar anak-anak di lingkungan masyarakat Desa Mekar Baru, tim Kuliah Kerja Mahasiswa dan Pengabdian Kepada Masyarakat (KKM dan PKM) Kelompok 16 Universitas Bina Bangsa adakan kegiatan belajar bersama di lingkungan sekitar posko Desa Mekar Baru, Kopo, Serang - Banten, Rabu (20/07/2022). Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak di Desa Mekar Baru yang tidak dapat melanjutkan sekolah formal tetap mendapatkan Pendidikan yang layak.


Pendidikan merupakan hal salah satu kebutuhan untuk semua orang. Dengan pendidikan, kita dapat melahirkan generasi unggul. Untuk itu, kegiatan belajar sangat diperlukan setiap anak. Tentunya, kegiatan belajar tidak harus selalu duduk di bangku sekolah.


Kegiatan ini dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu, yaitu Hari Kamis. Belajar Bersama berlangsung selama satu jam mulai pukul 19.00 – 20.00 WIB. Peserta kegiatan belajar bersama ini untuk anak usia TK sampai dengan kelas 6 SD.


Adapun materi yang diajarkan menyesuaikan dengan minat belajar anak-anak masing-masing. Ada peserta kegiatan belajar bersama yang menginginkan belajar pelajaran Matematika, pelajaran Bahasa Indonesia pelajaran Bahasa Inggris dan belajar mengeja huruf.


Mahasiswa KKM dan PKM kelompok 16 Mekar Baru Universitas Bina Bangsa senang karena kegiatan belajar bersama ini mendapat apresiasi positif oleh anak-anak dan masyarakat di sekitar Desa Mekar Baru. Terbukti dengan banyaknya peserta anak-anak Desa Mekar Baru yang datang untuk belajar bersama.


Gofar, salah satu peserta belajar bersama menyatakan senang mengikuti kegiatan ini. “Senang bisa belajar Bersama kakak – kakak KKM dari Uniba, dan kita juga mendapatkan hadiah dari kakak – kakak KKM,” ujarnya.


Antusiasme lainnya ditunjukan oleh orang tua anak-anak yang rela mendampingi anak - anaknya saat kegiatan sedang berlangsung dari awal sampai akhir acara. “Kami merasa terbantu sekali dengan adanya kegiatan belajar bersama ini yang di adakan oleh Mahasiswa KKM Uniba,” tutur salah satu orang tua peserta belajar bersama.


Mahasiswa KKM dan PKM kelompok 16 menjelaskan jika berusaha mengemas pembelajaran menjadi menarik dengan menciptakan suasana yang nyaman untuk anak-anak saat menjelaskan materi. Selain itu juga memberi motivasi anak-anak agar semangat belajar. Cara tersebut adalah salah satu upaya untuk memudahkan anak-anak agar mudah memahami materi yang di jelaskan.


Untuk menambah semangat belajar anak-anak, mahasiswa KKM dan PKM kelompok 16 menyiapkan beberapa ice cream sebagai hadiah untuk anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan sebelum pulang. Setelah acara tanya jawab selesai, kegiatan dilanjutkan dengan doa bersama lalu pulang.


Mahasiswa KKM dan PKM kelompok 16 berharap dengan adanya Kegiatan Bersama ini dapat meningkatkan minat belajar pada anak - anak di Desa Mekar Baru lebih memahami materi pelajaran dan dapat meningkatkan Pengetahuan. Serta dapat membantu meringankan beban orang tua dalam pendidikan anak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama