Lebak - Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Kelompok 30 UIN Sultan Maulana Hasanuddin Bangen menggelar kegiatan Sosialisasi Tentang Edukasi Stunting dan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 1 Agustus 2022 di Kantor Desa Gununganten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak-Banten. Kegiatan ini bersinergi dengan Puskesmas Sarageni dan Posyandu Se-Desa Gununganten, kegiatan ini pula dinisiasikan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu-ibu yang mempunyai anak balita agar mengetahui tentang penyakit stunting. 


Divisi Kesehatan Lingkungan Kelompok 30, Tegar Kharisma mengatakan bahwasanya kegiatan sosialisasi stunting digelar sebagai bukti pentingnya edukasi kesehatan bagi anak balita. 


"Kegiatan penyuluhan stunting dan imunisasi balita yang diselenggarakan di Kantor Desa Gununganten berkolaborasi dengan pihak puskesmas dan posyandu merupakan salah satu program kerja utama di divisi Kesehatan Lingkungan KUKERTA 30, selain itu kegiatan ini juga diisi dengan penyaluran bantuan berupa biskuit balita pada masyarakat" Kata Tegar. 


"Melihat warga di Desa Gununganten sangat antusias dengan tingkat kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan Bayi dan Balita, kegiatan ini pula dihadiri sebanyak 103 orang" Tambah Tegar. 


"Harapannya semoga masyarakat terus konsisten terhadap pentingnya kesehatan khususnya bagi anak bayi dan balita" Tutup Tegar. 



Selain itu kegiatan penyuluhan sosialisasi mengenai stunting dibawakan oleh pihak Puskesmas Sarageni yang diwakili oleh Bidan Rohmlah Ulfah. S.st.


"Stunting adalah kondisi dimana tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dibandingkan dengan tinggi badan anak lainnya pada usianya" Kata Ulfah


"Mencegah Stunting itu penting bagi bayi dan balita karena masyarakat khususnya ibu-ibu yang mempunyai anak bayi dan balita perlu mengetahui gagal tumbuh anak karena kekurangan gizi kronis terutama pada 1000 hari pertama kehidupan" Tambah Ulfah


"Semoga dengan adanya sosialisasi atau penyuluhan mengenai stunting di Desa Gununganten, harapannya bisa mengurangi dan meminimalisir tingkat stunting di Masyarakat" Tutup Ulfah. 


Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak Pemerintah Desa yakni, Suparman, S.Sos selalu Kepala Desa Gununganten. 


"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dengan cara memberikan edukasi bagi masyarakat tentang bahayanya Stunting pada anak" Kata Suparman. 


"Mewakili pemerintahan di Desa Gununganten sangat berterima kasih dan selalu mendukung terhadap Mahasiswa UIN Banten yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata" Tambah Suparman. 


"Harapannya kegiatan ini bukan hanya satu kali diadakan akan tetapi terus ditingkatkan agar masyarakat bisa menambah pengetahuannya khususnya dalam bidang kesehatan" Tutup Suparman.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama