KabarPrestasi.Com - Rabu (18/8/22), Masyarakat Kampung Pasir Kuntul Desa Cisangu Lebak Banten Gelar Upacara dan Pesta Rakyat. Upacara dipimpin langsung oleh Sekretaris Desa. Momentum kemerdekaan merupakan sebuah hal yang sakral dan perlu diperingati secara kolektif kolegial untuk menumbuhkan kesadaran diri masyarakat terhadap tinta-tinta sejarah perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. 


Kegiatan ini dipelopori oleh Pemuda Kampung Pasir Kuntul yang bersinergi dengan mahasiswa Kukerta (Kuliah Kerja Nyata) UIN SMH Banten. 


Dalam amanat upacara, Anton selaku Sekretaris Desa mengatakan, 


"Upacara penaikan bendera ini adalah salah satu momentum untuk bagaimana kita dapat merefleksikan sebuah sejarah perjuangan para pahlawan", ungkapnya. 


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-77, tentunya banyak harapan dan doa yang dipanjatkan untuk bangsa Indonesia. Sebagaimana Anton menegaskan dalam amanat nya dalam upacara,


"Di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ini, tepat di hari ini proklamasi sebagai manifestasi bahwa bangsa Indonesia telah merdeka. Kita perlu mensyukuri apa yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan kita, kita sebagai penerus harus dapat menjaga kedaulatan bangsa. Dulu, pengibaran bendera saja susah, akan tetapi saat ini tidak lagi susah. Maka daripada itu kita harus bersyukur dan menghormati jasa para pahlawan kita", pungkasnya. 


Upacara pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan di Kampung Pasir Kuntul cukup dibilang unik, sebab tak seperti pada umumnya. Akan tetapi para peserta upacara terdiri dari seluruh elemen masyarakat dengan identitas nya masing-masing. 


"Dengan bermacam-macam nya Identitas yang dikenakan, seperti ada yang menggunakan pakaian seperti petani dan lain sebagainya. Ini menandakan bahwa itulah yang disebut sebagai Bhinneka Tunggal Ika, berbeda tetapi tetap satu. Tak luput juga anak sekolah dasar pun mengikuti upacara sebagai stimulus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini", ungkap Naufal selaku ketua kelompok Kukerta UIN SMH Banten. 


Kegiatan Pesta Rakyat ini dimeriahkan oleh seluruh masyarakat Kp. Pasir Kuntul dengan berbagai macam perlombaan, mulai dari Panjat Pinang, Estafet Air, Adu Panco dan lain sebagainya. 


"Perlombaan yang diadakan adalah sebagai hiburan semata, tidak untuk adu gengsi dan otot.", tegas Naufal.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama