Selebrasi Marc Klok (c), Sumber : Twitter @PSSI 

KabarPrestasi.Com - Pertandingan pertama antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao berlangsung sengit di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu, 24 September 2022 pukul 20.00 WIB. Pertandingan persahabatan ini dihelat dalam rangka uji coba kemampuan masing masing tim dan juga untuk membangun silaturahmi antar negara. 

Curacao merupakan salah satu negara kepulauan di Amerika Latin. Saat ini, Curacao berada pada peringkat 84 FIFA. Sedangkan Indonesia berada pada peringkat 155 FIFA. Dengan adanya 2 pertandingan persahabatan ini, masing-masing tim berpotensi menambah point dan mengangkat peringkat mereka. Adapun pertandingan kedua akan dilaksanakan pada hari Selasa,  7 September 2022 pukul 20.00 WIB.

Pertandingan pertama dalam laga persahabatan semalam berlangsung cukup sengit. Jual beli serangan terjadi antara Indonesia dan Curacao. Memasuki menit 7, Curacao mencatatkan gol pertamanya melalui R. Janga yang memanfaatkan bole rebound yang gagal diselamatkan Nadeo Argawinata.

Berselang sepuluh menit, Indonesia menyamakan kedudukan melalui Marc Klok pada menit ke 18. Ruang kosong di pertahanan Curacao dan umpan pendek dari Egy berhasil dimanfaatkan Klok menjadi Gol. Tak berlangsung lama, Indonesia kembali menciptakan gol melalui F. Aryanto pada menit 22, membuat skor 2-1 dengan keunggulan untuk Indonesia.

Sayangnya hal ini tidak berlangsung lama, Curacao kembali mencatatkan skor lewat gol Bacuna, sehingga kedudukan menjadi Imbang. Beberapa peluang didapatkan Indonesia, tapi belum bisa dimaksimalkan menjadi gol. Skor 2 - 2 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Curacao bermain cukup agresif, beberapa seranganya membuat barisan pertahanan Indonesia kewalahan, tapi masih dapat ditahan oleh Fachruddin dan kawan-kawan. Memasuki menit 56, Indonesia melakukan serangan balik. Dimas Drajat berhasil mengecoh penjaga gawang Curacao dengan sedikit sontekan kaki belakangnya sehingga membelokan arah bola dan tercipta gol ketiga untuk Indonesia. Skor berubah menjadi 3 - 2 untuk Indonesia.

Menjelang akhir laga, serangan Curacao kian masif. Beberapa kali berhasil memasuki area pertahanan Indonesia, tapi masih belum bisa menyamai kedudukan. Skor 3 - 2 bertahan hingga peluit panjang berbunyi dengan kemenangan untuk Indonesia.

Hasil positif ini menunjukan perkembangan Timnas yang sangat baik. Mencatatkan kemenangan melawan negara dengan peringkat 84 Dunia merupakan prestasi yang patut dibanggakan. Meskipun hanya laga persahabatan, tapi pertandingan ini menunjukan bahwa Asnawi dan kolega telah berkembang pesat.

Timnas Indonesia:
Nadeo Argawinata (GK), Arhan Pratama, Elkan Baggot, Fachrudsin (C), Rachmat Irianto, Marc Klok, Yakob Sayuri, Ricky, Witan Sulaiman, Egy Maulana V., Dimas Drajat, 

Subs: Riyandi, Syahrul, Ferarri, Asnawi, Rizky, Koko, Marselino, Syahrian, Dendi, Saddil, Sanantha, Rafli

Coach: Shin Tae Yong

___

Oleh: Ayyash L. Hakim

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama