KabarPrestasi.Com – Keren, prestasi membanggakan dicetak Imran, siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Tangerang Selatan (Tangsel) berhasil meraih medali emas dalam ajang kompetisi Internasional Youth Metaverse Robot Challenge (IYMRC) yang berlangsung di Daejeon, Korea, 5-7 Agustus 2022 lalu.

Imran menjadi salah satu peserta asal Indonesia dengan Water Cleaner Robot Boat-nya berhasil mengalahkan peserta lain yang berasal dari sekitar 30 negara dalam kategori Creative Robot Senior Level.

Menurut Ayah Imran, Faisal memberikan penjelasan, robot yang diciptakan oleh anaknya tersebut memiliki kemampuan tersendiri yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Sesuai dengan namanya, robot itu berbentuk seperti perahu.

“Robot ciptaan Imran ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi kekeruhan air dan sekaligus dapat menjernihkannya. Hal itu dipilih berdasarkan isu lingkungan yang saat ini kerap kali terjadi dan menjadi topik penting dalam berbagai diskusi, khususnya pencemaran dalam sektor perairan” Ungkap Faisal.

“Robotnya itu dilengkapi sensor yang mengukur tingkat keruh air. Kalau terdeteksi keruh, maka program penjernihan berlangsung dengan menggunakan zat penjernih. Jadi memang sebelum membuat, Imran melakukan research atau meneliti terlebih dahulu,” tambah sang ayah.

Sementara Kepala MTsN 1 Tangsel, Ulik Widiantoro mengungkapkan bahwa prestasi yang berhasil diraih Imran, merupakan capaian yang sangat luar biasa.  

“Capaian Imran ini merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa,” ungkap Ulik.

Ulik menambahkan Prestasi membanggakan yang diraih berkat adanya dukungan dan terjalinnya kolaborasi yang baik, antara pihak sekolah, guru, dan orang tua.

“Dukungan yang pertama tentu doa. Yang sangat kami rasakan itu, kalau ada anak kita yang kompetisi intinya guru menyadari misal jam belajar ditinggal. Tentu dengan keterangan apa kita bantu semua. Segala macam aplikasi yang diperlukan kita siap. Lalu kalau pendampingan, tentu orang tua saya terimakasih sekali, karena sangat luar biasa. Kami pun melakukan pendampingan,” ujar Ulik.

Ulik mengakui, sejak awal bakat Imran memang sudah terlihat. Sederet prestasi dalam bidang akademik pun telah dicapainya. Atas bakat dan potensinya itulah, MTsN 1 Tangsel melakukan terus berupaya memfasilitasi dan melakukan pendampingan terhadap Imran.

“Sejak awal bakat Imran memang sudah terlihat. Sederet prestasi dalam bidang akademik pun telah dicapainya. Atas bakat dan potensinya itulah, MTsN 1 Tangsel terus berupaya memfasilitasi dan melakukan pendampingan terhadap Imran dengan membekalinya semaksimal mungkin” ujarnya.

Imam Sucipto selaku pembina robotik MTs Negeri 1 Tangerang Selatan berharap prestasi luar biasa yang berhasil diraih Imran mampu memacu semangat siswa lainnya.

Sebagai Pembina tentu kami berharap prestasi luar biasa yang berhasil diraih Imran ini mampu memacu semangat siswa lainnya untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan dan talenta yang dimilikinya, baik itu bidang akademis ataupun non-akademis. Kami juga berharap ada Imran Imran yang baru, karena Imran ini sudah kelas IX.” harapnya.

Berkat prestasinya tersebut, Pemerintah Kota Tangerang Selatan juga memberikan penghargaan kepada Imran. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Wali Kota Benyamin Davnie, pada Senin (19/9/2022).

Benyamin menyampaikan kebanggaannya atas prestasi yang dicetak oleh Imran karena mengharumkan nama Tangerang Selatan hingga tingkat Internasional.

“Alhamdulillah, luar biasa sekali, membanggakan, juara tidak main-main ini tingkat Internasional,” kata Benyamin seusai memberikan penghargaan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama