Guru fisika se-kabupaten Lebak mengikuti pelatihan pembuatan virtual reality. Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teknologi. 

Kegiatan ini diadakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika kabupaten Lebak pada Jumat, 28 Oktober 2022. Kegiatan ini bertempat di gedung SMA Negeri 2 Rangkasbitung.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara Yudi Guntara, M.Pd sebagai dosen fisika di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang, Banten. Puluhan guru fisika hadir dalam kegiatan tersebut. 

Kegiatan menggunakan Aplikasi Millealab yang membantu guru menghadirkan pembelajaran yang menarik dengan melibatkan teknologi. Guru-guru fisika kabupaten Lebak tersebut antusias dengan pelatihan.

Ketua MGMP fisika kabupaten Lebak, Bambang Kriswahyudi mengatakan kegiatan ini untuk membekali guru agar memiliki skill dalam menghadirkan pembelajaran yang lebih bervariatif.

Pemateri mengatakan, penggunaan VR ini sebagai alternatif kalau guru kesulitan menghadirkan praktikum karena mahalnya biaya atau ketiadaan alat laboratorium.

"Misalnya untuk materi tata surya atau atom serta reaksi fisik dan fungsi yang mungkin susah dipraktekkan guru bisa menggunakan VR untuk menjelaskan kepada siswa," ujarnya.

Selama kurang lebih 2 jam para guru berkutat dengan aplikasi Millealab. Meskipun terlihat canggung karena baru menggunakan, pak guru tidak menyerah, terus mengulik aplikasi sehingga semakin mahir. 

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan prestasi siswa.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama