Pemain Timnas U-17 Indonesia menyalami pemain U-17 Uni Emirat Arab usai pertandingan. Sunber (c) Twitter @PSSI

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sudah berjalan sejak hari Senin, 3 Oktober 2022 yang lalu. Dalam kualifikasi ini, negara-negara peserta dibagi kedalam 10 grup. Masing masing grup diisi oleh 4 atau 5 negara. Nantinya, juara grup dan 6 runner up terbaik akan melaju ke babak selanjutnya.

Dalam perhelatan ini, Indonesia tergabung dengan Uni Emirat Arab, Malaysia, Palestina dan Guam dalam grup B. Selain itu, Indonesia juga terpilih menjadi tuan rumah untuk grup B. Meskipun terpilih menjadi tuan rumah, skuad garuda muda tetap tak bisa mendapat dukungan langsung dari suporter di stadion sebagai buntut dari tragedi Kanjuruhan.

Sejauh ini, Timnas U-17 Indonesia sudah menjalani 2 pertandingan dan semuanya menunjukan hasil positif. Di pertandingan pertama, Indonesia berhasil menaklukan Guam dengan skor meyakinkan 14-0. Sedangkan pada pertandingan kedua, Indonesia berhasil menaklukan Uni Emirat Arab dengan skor tipis 3-2.

Dengan dua kemenangan ini, Indonesia mengantongi 6 poin dan 17 gol serta kemasukan 2 gol. Hal ini menghantarkan Indonesia menjadi pemuncak klasemen grup B, mengungguli Uni Emirat Arab. Meskipun sudah melakoni 3 pertandingan dan juga memiliki 6 poin, Uni Emirat Arab masih tertahan di posisi kedua klasemen sementara karena kalah selisih gol dengan Indonesia.

Selain memuncaki klasemen, Indonesia juga memuncaki daftar top skor. Dengan torehan 6 gol, Arkhan Kaka memuncaki daftar top skor sementara Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pemain muda asal Blitar ini mengungguli 2 pemain Australia dan 1 pemain UEA, yaitu Nestroy Irankunda yang sudah membukukan 5 gol, Mitchel Glasson dan Waleed Mallalla yang sudah mencatatkan 4 gol.

Indonesia masih memiliki 2 laga untuk dimainkan. Jumat, 7 Oktober 2022 mendatang Indonesia akan menghadapi Palestina yang saat ini berada di dasar klasemen setelah dikalahkan oleh Uni Emirat Arab dan Malaysia. Selain melawan Palestina, Indonesia juga akan bertemu dengan Malaysia di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 fase grup pada hari Minggu, 9 Oktober 2022 mendatang. Saat ini Malaysia berada di posisi ketiga klasemen sementara. 

Timnas asuhan coach Bima Sakti ini diharapkan mampu menyapu bersih 2 laga tersisa untuk mengunci tiket menuju Piala Asia U-17 yang akan diselenggarakan di Bahrain, tahun 2023 nanti. Hal ini juga ditujukan agar Timnas yang baru saja menjuarai AFF U-16 2022 ini dapat mencapai target yang diminta PSSI, yaitu mencapai 5 besar Piala Asia U-17 2023. 

Timnas Indonesia: Andrika (GK), Rizdjar, Zaky, Iqbal (C), Habil, Figo, Kafiatur, Zidan, Riski, Nabil, Kaka

Subs: Ikram, Andhika, Irvansyah, Andre, Afazriel, Hanif, Azzaky, Femas, Gaoshirowi, Ji Da Bin, Jehan, Tegar

Coach: Bima Sakti

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama