Tim Fahmil Quran Putri Ponpes Daarul Ahsan

KabarPrestasi.Com - Kabar membanggakan datang dari Tim Fahmil Quran Putri Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Tim yang beranggotakan Melisa Haryati, Alfin Laila dan Lina Mulyana ini berhasil menyabet juara 1 pada Musabaqoh Fahmil Quran dalam kegiatan Festival Seni Qurani Nasional IHF HASKA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Musabaqoh Fahmil Quran merupakan perlombaan pemahaman materi kandungan Al-Quran seperti ulmul quran, tafsir, hafalan ayat, hadits, fiqih, aqidah, faraidh dan lain lain. Musabaqoh Fahmil Quran biasanya dilombakan dengan betuk cerdas cermat yang menghadapkan dua, tiga, atau empat regu dalam 1 sesi. Setiap soal yang dijawab benar akan diberi nilai. Regu dengan nilai tertinggi akan melaju ke babak selanjutnya atau memenangkan perlombaan. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 ini melibatkan puluhan pelajar dari berbagai daerah. Kegiatan diawali dengan seleksi penyisihan tertulis untuk seluruh peserta. 8 peserta dengan hasil seleksi terbaik berhak melaju ke babak semifinal yang dibagi menjadi 2 termin. Masing masing termin semifinal diisi oleh 4 peserta. 2 peserta dengan nilai tertinggi pada masing masing termin di babak semifinal akan melaju ke babak final untuk memperebutkan juara 1, 2, 3 dan harapan.

Berbekal persiapan selama kurang lebih 1 bulan, serta pengalaman mengikuti beberapa lomba MFQ Sebelumnya, Melisa dan kawan-kawan tampil percaya diri sejak awal. Siswi kelas 2 dan 3 SMAS Daarul Ahsan ini melewati babak penyisihan dengan skor 95 poin. Hasil ini menempatkan mereka pada urutan ketiga hasil seleksi penyisihan dan meloloskan mereka ke babak semifinal.

Babak semifinal berakhir dengan lolosnya MAN 3 Sleman, SMA MBS Sleman, dan SMAN 2 Bantul. Babak final pun bergulir, dimulai dari soal paket untuk masing-masing regu kemudian berlanjut dengan babak rebutan. Babak akhir ini berlangsung cukup sengit, berkali-kali bel berbunyi menandakan persaingan yang cukup ketat untuk mendapatkan point tertinggi. 

Setelah 10 soal babak rebutan habis, maka berakhirlah sesi final Musabaqoh Fahmil Quran FSQN IHF Haska FMIPA UNY. Tim Fahmil Quran putri Daarul Ahsan menempati juara 1 dengan perolehan skor akhir sebanyak 1570 point. Disusul oleh MAN 3 Sleman dengan perolehan 1005 point dan SMA MBS Sleman dengan 710 point. Juara harapan diisi oleh SMAN 2 Bantul dengan nilai 410 point.

Menurut Melisa, juru bicara tim MFQ Daarul Ahsan, perlombaan ini berlangsung seru dan menarik. "Seru banget, degdegan juga", Ungkapnya. Senada dengan Melisa, Alfin mengungkapkan bahwa perlombaan MFQ sangat menguji mental. "Pasti butuh mental juga, kita juga tadi ada kesalahan beberapa kali, tapi alhamdulillah pointnya masih unggul", Ungkapnya.

Perlombaan MFQ ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam kegiatan FSQN Islamic Haska Festial, JMF Haska Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Selain Musabaqoh Fahmil Quran, dana kegiatan ini juga terdapat perlombaan Nasyid, Tartilil Quran, Tilawah Al Quran, Kaligrafi, juga Talkshow MTQ, dan Webinar Sains Quran Nasional.


Penulis: Ayyash L. Hakim 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama