kabarprestasi.com - Pandeglang - Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di SMP Negeri 1 Majasari. Kegiatan PLP ini dilaksanakan oleh 8 orang mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten selama 50 hari di SMP Negeri 1 Majasari Kabupaten Pandeglang. Kegiatan PLP ini dilaksanakan pada tanggal 7 September sampai 28 Oktober 2022. 

Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di SMP 1 Majasari yang dilaksanakan oleh mahasiswa itu tidak hanya seputar kegiatan belajar mengajar (KBM) akan tetapi juga terdapat kegiatan lain seperti, kegiatan literasi pagi diantaranya yaitu ; mengikuti kerja bakti lingkungan, jumtaq (jum'at taqwa), menyanyikan lagu nasional, dan membaca juz ‘amma rutin. Kegiatan literasi tersebut dilaksanakan pada hari setiap hari selasa, jum'at, dan sabtu. Selain itu, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam kegiatan Pemilihan Ketua/Wakil Ketua OSIS dan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Kegiatan PLP ini tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak adanya dukungan dari pihak sekolah. Salah satunya ialah dari pihak Wakasek Kurikulum SMP Negeri 1 Majasari, Ibu Rd Wanty Juniarti M, S.Pd, ia mengapresiasi kegiatan PLP sebagai program  belajar mahasiswa. 

"Kegiatan PLP yang dilaksanakan oleh mahasiswa UIN SMH Banten di SMP Negeri 1 Majasari merupakan sebuah kegiatan praktek mahasiswa dalam upaya pengenalan pengalaman lingkungan sekolah" Kata Wanty. 

"Ucapan terima kasih terhadap mahasiswa UIN SMH Banten yang telah sukses melaksanakan program PLP dan berharap masih terus menjalin hubungan dengan baik, serta pesan terhadap mahasiswa agar terus berikan dedikasi yang terbaik dimanapun kalian berada" Tutup Wanty. 

Adapun salah satu mahasiswa, Rifal Nurkholis selaku sekretaris kelompok mengatakan ucapan terima kasih kepada seluruh guru dan staff di SMPN 1 Majasari. 

"Ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran guru di SMP Negeri 1 Majasari terutama guru pamong yang sudah menerima Mahasiswa UIN SMH Banten dengan baik" Kata Rifal. 

"Selama kegiatan PLP, banyak sekali ilmu dan bimbingan yang telah diberikan oleh seluruh jajaran guru SMP Negeri 1 Majasari" Tambah Rifal. 

"Ucapan permintaan maaf kepada seluruh jajaran guru SMP Negeri 1 Majasari atas kesalahan baik perkataan atau perbuatan serta tugas yang belum kami laksanakan dengan baik dan maksimal" Tutup Rifal. 


Selain itu, kegiatan PLP UIN Banten yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majasari dapat terlaksana atas bimbingan oleh Dosen Pembimbing Lapangan, Saefudin Zuhri M.Pd.

"Kegiatan PLP UIN Banten yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majasari merupakan kegiatan praktikum mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan langsung terjun dengan mengajar menghadapi murid-murid di sekolah" Kata Saefudin. 

"Alhamdulillah selama 2 bulan kegiatan mahasiswa PLP UIN Banten yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Majasari, mahasiswa mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan lancar" Tambah Saefudin. 

"Harapannya semoga pengalaman mahasiswa dalam praktik mengajar di SMP Negeri 1 Majasari ini menjadikannya mereka sebagai pendidik dan pengajar yang baik" Tutup Saefudin.


Penulis: Febby Prayoga

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama