KabarPrestasi.Com - Sobat Prestasi, memilih dan mencari sahabat terbaik penting untuk diketahui, karena keberadaan sahabat dapat memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan. Oleh karena itu Anda harus memilih dengan cermat dalam menentukan siapa dan dengan siapa bersahabat.

Berikut ada beberapa clue memilih teman yang dikenal untuk dipilih menjadi sahabat dekat, dari nasihat ‘ulama salafushshalih, yang ditulis oleh Ustadz Riza Zacharias di akun facebook pribadinya, yaitu dengan mencermati pertanyaan ini :

1. Apakah kita mau putra-putri kita berkarakter seperti dia?
2. Apakah kita ingin dan mau punya menantu seperti dia?
3. Apakah kita mau anak-anak kita belajar dari dia?
4. Apakah kita sering rindu berjumpa dengannya, sebab selalu ada kebaikan yang kita dapatkan?
5. Apakah kita menjadi baik atau lebih baik setelah bersamanya?
6. Apakah waktu yang kita habiskan bersamanya menjadi sia-sia, atau penuh kebahagiaan dalam kebaikan?
7. Apakah kita rela jika anak-anak kita berkarir dan berhasil seperti mereka (fiddunya wal akhirat).
8. Apakah dia menilai kita keseluruhan baik dan kurangnya kita, lantas tetap membersamai (tetap bersahabat), dan tetap sangka baik saat kita lakukan kesalahan?
9. Apakah dia berani mengingatkan kita saat khilaf dan salah, sebab tak mau kita celaka di dunia dan di akhirat.

Jika jawabannya IYA, MAU. Maka, jangan lepasan sahabat seperti itu. Bahkan berdo’alah dan ikhtiarlah agar Allah izinkan dan pertemukan kita dengan sahabat seperti ini.

Darimana referensinya? Cukup lihat dan tiru Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam. Rasul menikahi putri Abubakar dan putri Umar bin Khattab. Rasul menikahkan Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib dengan putrinya. Mereka bersahabat sangat dekat, dan bahkan meningkat menjadi hubungan bersaudara.

“Yaa Rabbana, mohon pertemukan kami dengan sahabat yang membuat kami menjadi lebih baik sebagai hambaMu, bersahabat dan bersaudara sampai surga.” Aamiin / KP

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama