Oleh : Khairul Abas

KABAR PRESTASI - Setiap manusia mempunyai kesempatan berupa waktu dengan durasi yang sama yakni 24 jam, tidak lebih dan tidak kurang. Namun, tidak setiap manusia mampu mengoptimalkan waktu yang dimilikinya dengan baik dan berkualitas karena seringkali saat manusia beraktivitas menjadi lalai. Dalam hal inilah, kemampuan dari manajemen waktu atau time management sangat diperlukan oleh manusia. Sehingga dalam aktivitasnya menjadi aktivitas yang efisien dan optimal.

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengatur (mengelola). Manajemen adalah suatu proses penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.

Menurut Dewi (2011:7) mengatakan bahwa manajemen waktu adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas waktu. Waktu menjadi salah satu sumber daya unjuk kerja. Sumber daya yang mesti dikelola agar sebuah tugas dapat dikerjakan secara efektif dan efisien.

Mengapa Perlu Manajemen Waktu?

Tuhan memberikan waktu tertentu pada setiap manusia untuk hidup di dunia. Dalam menjalani kehidupan, manusia harus mempunyai tujuan yang jelas yang harus dicapainya dalam kurun waktu hidup yang terbatas. Tujuan hidup manusia beragam ada yang berkaitan dengan ibadah, keluarga, pekerjaan, sekolah, sosial sehingga manusia harus pandai mengelola waktunya. Agar tujuan-tujuan tersebut dapat terwujud secara seimbang.

Maka dari itu, manajemen waktu diperlukan untuk mengelola waktu kegiatan seseorang agar tujuan dari kegiatan tersebut dapat terwujud secara seimbang

Manajemen waktu yang baik yaitu dengan membuat data pekerjaan atau aktivitas dan menentukan skala dari setiap aktivitas tersebut. Perlu kita ketahui bahwa setiap aktivitas pasti semuanya penting akan tetapi dari data aktivitas pekerjaan tersebut pasti ada yang paling penting, misalnya seperti pekerjaan yang mendesak yang umumnya berkaitan dengan pekerjaan deadline

Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Waktu

Menurut Rahardi menjelaskan beberapa faktor yang menentukan tercapainya proses manajemen waktu mahasiswa, antara lain sebagai berikut

a) Faktor dalam diri yang melakukan kesalahan 
Faktor ini menjadi faktor utama Setiap manusia belajar dari kesalahan hidupnya. Dengan manajemen, manusia meminimalisir kesalahan dimasa lampau.

b) Faktor pandangan hidup.
Faktor ini mampu memacu motivasi mahasiswa. Seperti untuk apa berkuliah, setelah lulus apa yang  akan dilakukan? Dengan pandangan hidup yang jelas, tergambar dalam benak sebuah masa depan.

Dari uraian di atas, sangat penting bagi kita untuk mengatur waktu sehingga kegiatan-kegiatan kita bisa optimal terlaksana (Ab)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama