KabarPrestasi.Com - Endang Kurniawan, Pemuda Asal Kecamatan Wanasalam berhasil meraih juara 2 pada Seleksi Wirausaha Muda Provinsi Banten yang diselenggarakan oleh Dinas kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten, Pada 27-28 Oktober 2023 di Hotel Ledian, Serang.

Pemuda yang saat ini berusia 22 tahun itu berhasil setelah melakukan beberapa tahap seleksi. Dimulai dari pemberkasan hingga presentasi produk kepada dewan juri. Adapun produk yang saat ini dikembangkan oleh Endang Kurniawan adalah Chauchips, cemilan dari kripik pisang yang dikombinasikan dengan berbagai macam varian cokelat cair.

Selain ingin menambah relasi, motivasi Endang Kurniawan mengikuti seleksi wirausaha muda 2023 adalah ingin mengenalkan produk yang sedang dikembangkannya dan menjadi inspirasi bagi yang lain. "Dengan adanya event ini, saya harap akan banyak orang orang yang mengenal produk saya, dan menjadi inspirasi bagi teman teman untuk tidak takut dan gengsi memulai usaha" Ujar Endang Kurniawan yang juga merupakan Duta Kampus UIN SMH Banten 2021.

Dirinya mengaku jika tidak berharap besar untuk menjadi juara pada seleksi kali ini. Karena seleksi tahun ini diikuti oleh pengusaha-pengusaha muda yang telah berpengalaman dan memiliki produk inovatif. "Masuk ke dalam tiga besar merupakan hal di luar ekspetasi saya saat pertama daftar wirausaha muda 2023" , lanjut Endang.

Adapun antusiasme pengusaha muda Banten terlihat sangat tinggi. Itu terbukti ada 150 peserta yang mendaftar pada seleksi wirausaha muda 2023 ini. Dari jumlah itu, kemudian dilakukan verifikasi administrasi dan keberadaan usahanya, sehingga tersaring menjadi 50 peserta yang lanjut ke tahap wawancara dan presentasi produk. Sementara itu penghargaan dan hadiah diberikan secara langsung oleh Pejabat (Pj) Gubernur Banten Almuktabar  kepada para pemenang tiga besar dan juara harapan.

Lebih lanjut Endang Kurniawan berpesan agar program seleksi wirausaha muda ini harus tetap diadakan setiap tahun untuk memotivasi pengusaha muda yang khususnya ada di Provinsi Banten. "Saya harap dengan diadakannya kegiatan ini menjadi bentuk perhatian pemerintah terhadap pengusaha muda dan UMKM. Dan semoga pemerintah dapat terus mensuport pengusaha muda untuk tetap menghasilkan produk-produk inovatif di kemudian hari", tukas Endang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama