KabarPrestasi.Com| Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang melaksanakan kegiatan Pemilihan Duta Baca Kota Serang pada hari Rabu, 18 Oktober 2023.  Dibuka langsung oleh kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Serang, Bapak Dr. H. Tb. Urip Henus, S.Pd, M.Si, acara ini diikuti oleh 33 peserta yang sebelumnya telah lolos tahap seleksi penjaringan. 

Pada kegiatan yang bertempat di Gedung Perpustakaan Kota Serang ini, Lailatul Maulidiya Rahman ketua dari TBM (Taman Baca Masyarakat) Jawara berhasil terpilih sebagai Duta Baca Kota Serang Tahun 2023. Ia terpilih setelah mengikuti serangkaian tes tulis dan wawancara yang juga diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Dirinya mengaku merasa Senang, bangga dan semakin termotivasi untuk melakukan agenda-agenda literasi. 

Setelah ditetapkannya sebagai Duta Baca Kota Serang Tahun 2023, ia  berkomitmen untuk konsisten berkarya dan melakukan giat-giat literasi dan bisa menyebarkan agenda-agenda literasi secara meluas bersama rekan-rekan peserta lainnya di masyarakat. 

"Saya ingin lebih konsisten berkarya dan melakukan giat-giat literasi dan bisa menyebarkannya secara meluas bersama rekan-rekan peserta lainnya, lebih dekat lagi dengan masyarakat dalam meningkatkan minat dan budaya baca," tuturnya (8/10/23).

Wanita yang sering disapa Lidia tersebut juga mengungkapkan langkah berikutnya dia ingin mendukung dan mengoptimalkan program-program yang ada di dpk Kota Serang serta menginisiasi safari literasi ke daerah-daerah khususnya daerah pinggiran, dia ingin mengajak anak-anak untuk gemar membaca sejak dini. Dengan membaca, imbuhnya, dapat menambah pengetahuan dan mencerdaskan.

"Dimana seluruh kalangan masyarakat dapat aktif dalam berbagai kegiatan, khususnya yang berkaitan dengan literasi sehingga tidak hanya bisa eksis di media sosial melainkan juga di dunia pendidikan," tambahnya.

Lidia berharap, upaya yang akan ia lakukan bersama teman-teman lainnya bisa didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Termasuk, berkolaborasi dengan perangkat daerah, komunitas pemuda dan OKP lainnya yang terkait agar dapat optimal dalam meningkatkan budaya literasi di Kota Serang.

"Semoga program-program yang akan saya jalankan mendapatkan dukungan dari semua pihak untuk mempersiapkan generasi yang maju dan cerdas," pungkasnya.

Untuk diketahui, selain menjadi ketua TBM Jawara Lidia juga aktif dalam beberapa organisasi literasi seperti Forum TBM Kota Serang dan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK KIM) Kota Serang. Selain itu, ia juga aktif sebagai Managing Director of Program Development Cendekiawan Kampung, Pengurus DPK KNPI Kecamatan Kasemen dan Manager Bimba Hompimpa.

1 Komentar

  1. MasyaaAllah Tabarakallah...congrat lidya,tetap konsisten dan semangat terus berkarya👏👏

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama