KabarPrestasi.Com - Jum’at, 22 September 2023 Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkar Studi Islam dan Pendidikan (UKM L-SIP) FKIP Untirta menyelenggarakan hari puncak Islamic Education Fair (IEF) 2023. Islamic Education Fair merupakan salah satu program kerja Departemen Pendidikan Kabinet Muhammad Al Fatih 2023. 

Rangkaian acara Islamic Education Fair berlangsung selama lima hari, di antaranya yaitu kegiatan lomba pidato yang diselenggarakan tanggal 18 dan 19 September 2023. Dilanjutkan lomba kaligrafi di tanggal 20 dan 21 September 2023. Ditutup dengan hari puncak berupa seminar pendidikan dan pembagian hadiah. Perlombaan pidato dan kaligrafi diikuti oleh perwakilan setiap jurusan yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Untirta. Ketua Umum L-SIP 2023, Walianti Dinata mengungkapkan “Alhamdulillah acara IEF dapat terselenggara di tahun ini, setelah 2 tahun kemarin tidak terlaksana karena beberapa hal, semoga acara IEF ini dapat memberikan manfaat”.

Islamic Education Fair tahun ini mengangkat tema “Menjadikan Mahasiswa FKIP Untirta yang Berintelektualitas, Agamis, dan Berintegritas Melalui Islamic Education Fair 2023”. Tema ini diangkat atas sebuah harapan yang besar. Seperti yang diungkapkan oleh ketua pelaksana IEF 2023, Syifa Aulia mengatakan bahwa “Tema IEF ini merupakan perwujudan dari keinginan kita agar menjadi mahasiswa yang bukan hanya berpengetahuan yang luas, tapi juga memiliki dan mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan, dan jiwa integritas yang tinggi yang dilatih sejak masa perkuliahan ini”.

Mahasiswa di setiap jurusan FKIP Untirta antusias mengikuti perlombaan maupun seminar pendidikan. Lomba pidato di acara IEF bertujuan agar mahasiswa FKIP berani menyuarakan gagasannya dan saling mengingatkan pada kebaikan. Lomba kaligrafi bertujuan untuk menggali potensi mahasiswa di bidang seni keagamaan khususnya kaligrafi. Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari dosen PAI sekaligus juri lomba pidato, Dra. Istinganatul Ngulwiyah, MM. Pd “Apresiasi untuk panitia IEF yang telah mengadakan kegiatan ini, saya bersyukur masih ada mahasiswa yang mau menyeleggarakan kegiatan seperti ini. Ibu berharap dengan adanya kegiatan ini dapat muncul mahasiswa-mahasiswa yang berani menyampaikan gagasannya, muncul da’i da’i muda, dan semakin menggali potensi mahasiswa untuk berkreativitas”.

Sesuai dengan tema IEF 2023, seminar pendidikan di hari puncak membahas tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang berintelektual, agamis, dan berintegritas dengan mendatangkan Muhamad Rafi Anggara, S. Pd., CLQ. Beliau merupakan founder Yayasan EduDakwah; Awardee BPI S2 IPB University 2022; dan mahasiswa berprestasi utama S1 UPI 2019. Dengan mendatangkan pemateri yang inspiratif dan prestatif berharap dapat menginspirasi mahasiswa FKIP Untirta untuk menjadi mahasiswa yang tidak hanya berprestasi tapi juga taat pada Sang illahi robbi.

Rasa syukur dan terima kasih juga diungkapkan panitia kepada mahasiswa yang telah berpartisipasi; kepada Raja Cetak dan Yayasan Amanah Takaful yang telah memberikan sponsor, kepada media partner: Rumah Prestasi, Himadiksio, HMJ PNF, Himatika, HMJ Pendidikan IPA, HMJ PGPAUD, Hima PKH, Hima Seni, DKM Al Makmum, dan BEM FKIP Untirta yang telah menyukseskan acara Islamic Education Fair 2023 ini.

Penulis: Ira Ardila

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama