KabarPrestasi.com | Lebak, 7 November 2023 - Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Insan Mandiri merupakan komunitas sosial yang didirikan sebagai komitmen dan kepedulian dalam dunia pendidikan.

Isu bonus demografi menjadi pembahasan khusus bagi pengurus TBM Insan Mandiri. Banyaknya anak usia produktif di lingkungan TBM masih belum terkelola potensinya secara maksimal. Karena hal tersebut pengurus TBM mencoba menjalin kolaborasi dengan beberapa pihak yang memiliki visi yang sama dalam pembinaan potensi generasi muda.

Oleh karena hal tersebut maka TBM Insan Mandiri melaunching Project Learning untuk Anak Binaan pada Selasa, 7 November 2023 di Pasir Peuti, Kampung Babakan Masjid RT. 001 RW. 001, Desa Pasar Keong, Kec. Cibadak, Kab. Lebak- Banten.

TBM Insan Mandiri berkolaborasi dengan Pengurus Daerah KAMMI Lebak dalam melaksanakan program ini secara berkelanjutan. Selain itu juga mendapat dukungan dari beberapa pihak seperti Forum TBM Kabupaten Lebak, Pemerintah Desa Pasar Keong, Rumah Stifin Banten, Komunitas Mahasiswa Urang Lebak (KAWULA), LPPL Radio Multatuli FM, Kabar Prestasi, Ideal Ummah, Social Edu Center, KAMMI Al Bantani, Rumah Prestasi, Tresna Studio Kreatif, Suarsih Wedding, Souna.id dan warga Pasir Peuti Kampung Babakan Masjid RT. 001 RW. 001.

Suhenda ketua TBM Insan Mandiri mengatakan bahwa tujuan dari Project Learning ini adalah untuk mengaktivasi anak binaan TBM Insan Mandiri agar potensi yang dimiliki bisa dimaksimalkan dengan baik. Dengan pembagian kelas sesuai klasifikasi usia, Project Learning terbagi dalam tiga kelas utama yaitu kelas bermain, kelas menanam dan kelas menjelajah.

"Ya, Project Learning Anak Binaan TBM Insan  Mandiri kami bagi dalam tiga kelas utama. Harapannya anak-anak mampu mengeksplorasi diri mereka secara maksimal." Ungkap Suhenda.

Sidiq Nulhak ketua Forum TBM Kabupaten Lebak sangat mengapresiasi Launchingnya program ini. Berharap gerakan literasi diakar rumput tetap lestari dengan melibatkan masyarakat agar bisa lebih produktif.

"Pembinaan terhadap generasi muda adalah tugas kita bersama. Kita punya tanggung jawab untuk bisa mengarahkan mereka kepada kegiatan positif dan produktif. Hadirnya TBM Insan Mandiri harus mampu memberikan dampak positif bagi warga dan sekitarnya." Tutup Sidiq.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama