Sejumlah mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI), mengadakan penyuluhan sosial dengan mengangkat tema “Membangun Sekolah yang Aman dan Ramah Tanpa Perilaku Bullying” bertempat di Aula SMPN 04 Serang dan dihadiri oleh sekitar 150 orang siswa, (20/11/2023) 

Azzahra, selaku pemateri pertama dalam penyuluhan tersebut menyampaikan bahwa bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan oleh orang yang kuat kepada orang yang lemah.

“Bullying itu perilaku agresif yang dilakukan secara berulang oleh orang yang kuat kepada orang yang lemah. Baik kuat secara fisik maupun status sosial, namun tidak semua yang kuat kerap melakukan bullying,” ungkap Azzahra kepada para siswa.

Selain itu, Ia menuturkan bahwa ada banyak sekali dampak buruk yang dialami oleh korban bullying, terutama pada kepercayaan diri dan keberhargaan diri.

“Korban bullying ini bisa mengalami trauma sepanjang hidupnya, mereka bisa kehilangan rasa kepercayaan diri dan juga menurunnya harga diri. Bahkan bisa memicu terjadinya bunuh diri,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Uli Auliya sebagai pemateri kedua juga menyampaikan tips bagaimana ketika kita mengalami bullying.

“Saat kita mengalami bullying, yang harus kita lakukan adalah dengan melaporkan tindakan tersebut kepada guru di sekolah atau kepada orang tua. Kita harus tetap tenang namun tetap bertindak agar pelaku bullying ini jera,” katanya.

Terakhir, Ia menambahkan bahwa kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa di SMPN 04 Serang.

“Kami melakukan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pencegahan kepada siswa mengenai perilaku bullying serta dampak dan konsekuensinya. Agar siswa menjauhi perilaku bullying dan lebih menghargai perbedaan satu dengan lainnya,” tambahnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama