KabarPrestasi.Com - Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten melakukan kegiatan penyuluhan sosial pada hari Kamis, tanggal 23 November 2023 di Bantaran Kali Kranggot Selatan Kelurahan Sukmajaya, Kota Cilegon-Banten. Penyuluhan sosial yang bertema "Pentingnya Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak" dihadiri ibu-ibu di sekitar bantaran kali Kranggot Selatan. Antusias ibu-ibu menghadiri penyuluhan ini menyukseskan kegiatan penyuluhan yang dilakukan mahasiswa semester 5 tersebut. 

Tujuan dari kegiatan penyuluhan ini adalah memberikan pencerahan mengenai pentingnya pola pengasuhan yang baik oleh orang tua supaya menghindari terjadinya kasus-kasus kriminalitas yang dilakukan anak-anak yang umumnya terjadi karena tidak ada pengawasan dari orang tuanya di rumah. 

Seperti yang disampaikan oleh Mia Mulyati sebagai narasumber dalam penyuluhan kali ini, "banyak kasus kriminalitas yang terjadi di sekitar kita seperti tawuran, pencurian, kasus narkoba hingga pergaulan bebas yang pelakunya itu anak-anak." (kamis, 23/10/2023)

Lebih lanjut, Mia mengungkapkan bahwa anak-anak dan remaja bisa melakukan tindakan seperti ini disebabkan lingkungan sekitar dan pola asuh orang tuanya di rumah yang kurang tepat. Pengasuhan orang tua bukannya memberikan dampak yang baik tetapi memberikan luka karena tidak memahami karakter dan fase pertumbuhan anak-anak. 

"Pola asuh kita sebagai orang tua itu harus menyesuaikan fase pertumbuhan anak-anak. Kita tidak bisa memberikan pola asuh anak-anak usia 5-6 tahun dengan pola asuh usia remaja, begitu pun sebaliknya. Karena kebutuhan mereka berbeda." ujar Mia dalam materi penyuluhannya. (Kamis, 23/10/2023)

Penyuluhan sosial ini berkolaborasi juga dengan salah satu lembaga komunitas yang bergerak di bidang kemanusiaan yang ikut menyukseskan kegiatan penyuluhan sosial masyarakat. Ummu Tya begitu panggilan untuk founder RUBIK (Relawan Untuk Berbagi Ilmu dan Kebahagiaan) menyampaikan dalam sambutannya bahwa ia senang ada mahasiswa yang bisa berkunjung dan melakukan penyuluhan sosial kepada masyarakat bantaran kali Kranggot Selatan. Ia mengungkapkan bahwa seorang ibu memang harus mengetahui pola asuh yang baik untuk bisa membentuk karakter anak-anak yang baik pula. 

"Yang saya harapkan adik-adik mahasiswa bukan sekali ini saja bisa berkunjung di sini. Semoga nanti bisa mengadakan kegiatan masyarakat lagi di sini dan bisa bergabung bersama kami di RUBIK untuk kegiatan kemanusiaan lainnya," ujar Ummu Tya dalam menutup sambutannya. (Kamis, 23/11/2023)

Penyuluhan sosial pada masyarakat sangat dibutuhkan. Karena elemen masyarakat adalah salah satu elemen yang bisa menghasilkan perubahan di lingkungan masyarakat menjadi lingkungan yang positif. Sehingga penting untuk masyarakat tahu bagaimana pola asuh yang baik.  Seorang mahasiswa telah mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pola asuh orang tua ini di perkuliahan dan diharapkan pengetahuannya bisa tersebar di kalangan masyarakat awam.

Oleh: Mia Mulyati

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama