KabarPrestasi.Com - Dalam upaya meningkatkan kesadaran literasi masyarakat, TBM Mipir, Fino Badut dan berbagai komunitas berkolaborasi menggelar kegiatan literasi pada Sabtu, 30 Desember 2023 di Desa Cilangkap, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten.

Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah "Implementasi literasi di masyarakat" yang memuat berbagai rangkaian acara, mulai dari senam bersama, gelaran buku, mendongeng, perlombaan, dan pendampingan literasi digital.

Yusi Ketua TBM Mipir mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran literasi dari berbagai hal yang dapat diterapkan di lingkungan masyarakat.

"Dengan diselenggarakannya kegiatan ini kami memberikan ruang kepada semua pemuda untuk bisa terus berpartisipasi dalam melaksanakan berbagai kegiatan literasi di lingkungan masyarakat" Ungkap Yusi.

Jenis perlombaan yang dilaksanakan adalah lomba Mewarnai Gambar untuk anak tingkat PAUD hingga kelas 2 SD/Mi, lomba Emak-Ku Jagoan untuk ibu-ibu dan lomba cerdas cermat untuk anak-anak tingkat SD kelas 3-6.

kehadiran Fino Badut menambah antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini. Masyarakat yang berpartisipasi dalam kegiatan ini turut mendoakan Fino Badut dalam ulang tahunnya yang ke 5. Semoga Fino Badut terus konsisten memberikan keceriaan kepada masyarakat luas.

Adapun yang terlibat dalam kegiatan fenotive ialah Fino Badut, Persatuan Pemuda Warung Jogjog, motor literasi, Asosiasi Relawan Banten, Karang Taruna Kecamatan Wanasalam, Madrasah Ibtidaiyah, PAUD Anwarul Ittihad, dan Kakak-kakak relawan: Tuty Alawiyah, Upi Lutfiah, Nana Fikriatna, Wahidah, dan para pemuda, Hardiansyah yang begitu aktif dalam mengorganisir kegiatan ini.

Kegiatan diakhiri dengan program clean Up ke Pantai Binuangeun dimulai dengan pengarahan tentang literasi lingkungan yang disampaikan oleh Siti Nurhalimah salah satu relawan TBM Mipir. Setelah penyampaian selesai, langsung bersih-bersih pantai dengan metode perlombaan antar kelompok agar partisipan lebih semangat dalam membersihkan pantai.

Dadih Ketua Persatuan Pemuda Warung Jogjog berharap agar anak- anak dapat solid serta lebih menghormati dan mencintai lingkungan.

"Kegiatan fenotive event yang ke 4 bersama dengan Fino Badut ini memberikan kesan yang sangat baik dari masyarakat. Semoga kegiatan-kegiatan bermanfaat dari TBM Mipir bersama komunitas lainnya bisa terus eksis, semakin meriah dan terus bergerak dalam meningkatkan literasi di masyarakat kampung warung jogjog Desa Cilangkap kecamatan wanasalam Lebak Banten." Tutup Yusi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama