Sukawana, Kota Serang – Dalam upaya mencegah stunting di wilayah Sukawana, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten bersama Puskesmas Curug menggelar pelatihan keterampilan memasak untuk kader PKK se-Kelurahan Sukawana. Pelatihan yang mengangkat tema "Peran Penting Ibu dalam Pencegahan Stunting dengan Keterampilan Memasak" ini dihadiri oleh 30 kader PKK dari berbagai lingkungan di Sukawana.

Acara yang berlangsung pada 14 Agustus 2024 di Fasum Kelurahan Sukawana, Komplek Perumahan Sukawana Asri ini merupakan puncak dari rangkaian program pelatihan keterampilan cegah stunting. Sebelumnya, program serupa telah dilaksanakan di tiga lingkungan, yaitu Kemanisan Tengah, Kemanisan Umbul, dan Purut Sunda.

Dea, Ketua Pelaksana program KKN, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali ibu-ibu PKK dengan keterampilan memasak yang murah, terjangkau, bergizi, dan menarik bagi anak-anak. "Kami berharap pelatihan ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan ibu-ibu dalam pengolahan makanan, sehingga dapat berkontribusi dalam pencegahan stunting di wilayah Sukawana," ujar Dea.

Hadir dalam acara tersebut, Ibu Listya Dewi, Ketua Kader PKK Sukawana, serta dua pembicara utama dari Puskesmas Curug, yaitu Silviya Yulianti, S.KM, dan Adjeng Yuliani Putri, S.Gz., yang merupakan ahli gizi. Mereka memberikan materi tentang pentingnya asupan gizi yang tepat dan cara memasak yang menarik bagi anak-anak, sebagai upaya pencegahan stunting. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para kader PKK dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya masing-masing, mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gizi seimbang, dan berperan aktif dalam upaya mengurangi angka stunting di Sukawana

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama