KABAR PRESTASI - Mahasiswa yang berasal dari Kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) UIN SMH Banten laksanakan kegiatan Workshop Bank Sampah Digital.

Workshop Bank Sampah Digital dilaksanakan karena berlatar belakang dari kepedulian terhadap kebersihan yang ada pada lingkungan sekitar di daerah Desa Ciherang, Kec. Picung. Kab. Pandeglang.

Mahasiswa yang berasal dari Kelompok 41 KKN UIN SMH Banten berkolaborasi bersama Yayasan Rehabilitasi Lingkungan dan Alam. 

KKN 41 UIN SMH Banten melaksanakan kegiatan "Workshop Bank Sampah" di Sekolah Alam Mardhatillah Ciherang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 3 Agustus 2024 pada Jam 08.00 Sampai Selesai. 

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan di Sekolah Alam Mardhatillah, Pandeglang Banten.

Dipilihnya sekolah tersebut karena dianggap cocok karena mereka adalah siswa-siswi dari sekolah alam, yang juga lebih dekat dengan alam. 

Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kesadaran siswa-siswi atau anak-anak muda terhadap kebersihan lingkungan.

Hal ini juga sesuai dengan tema yang diambil pada kegiatan ini yaitu "Pendidikan Berbasis Lingkungan, Selamatkan Alam Sejak Dalam Pemikiran serta Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah."

Komarudin selaku ketua kelompok 41 KKN UIN SMH Banten menyampaikan dalam sambutannya bahwa dilaksanakan kegiatan ini bertujuan agar mendapatkan pemahaman akan pentingnya pentingnya kesadaran terhadap lingkungan. 

"Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan agar kita bisa sama-sama mengerti, mengetahui dan memahami betapa pentingnya kesadaran kita terhadap kebersihan lingkungan, " kata Komarudin.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ia berharap agar tidak akan ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. 

"Setelah ini mudah-mudahan kita tidak lagi buang sampah sembarangan, mengurangi makanan atau minuman yang berkemasan berbahan plastik yang bisa mencemarkan lingkungan," tambah Komarudin.

Kegiatan Workshop Bank Sampah ini juga turut dihadiri dan dibuka langsung oleh Ardi Wiranata selaku Kepala Desa Ciherang.

Dalam sambutannya beliau berpesan kepada siswa-siswi yang hadir agar mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

"Anak-anakku harus semangat, dengarkan dengan baik materi apa yang nantinya akan disampaikan oleh pemateri, dan jangan nantinya cuma mendengarkan saja tapi bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, " kata Ardi. 

Ia berharap agar dengan adanya kegiatan ini, siswa-siswi tersebut dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, Iffah Lathifah selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah Mardhatillah pun menyampaikan dalam sambutannya tentang mereka sudah mulai menerapkan dalam pengurangan sampah plastik.

"Kebetulan kita disini juga sudah mulai menerapkan pengurangan sampah plastik dengan cara memberikan peraturan kepada anak-anak untuk membawa tumbler dan mangkok pribadi masing-masing. Jadi adanya acara ini sangat cocok dan pas diadakan disini" kata Iffah.***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama