KabarPrestasi.Com- Dalam rangka meningkatkan daya saing produk lokal, Kelompok 6 bekerja sama dengan General Manager Esga  menggelar pelatihan khusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Babakanmulya (12/082024). Pelatihan yang berlangsung di Balai Desa ini menghadirkan  pemateri ahli yang memberikan materi komprehensif tentang strategi packaging dan marketing UMKM.

Pemateri pertama, Ageng Sutrisno, seorang General Manager Esga, membawakan materi tentang Pengenalan dan Strategi Pemasaran Digital E-commerce dan S-commerce. Dalam sesi ini, Bapak Ageng Sutrisno menjelaskan pentingnya kemasan sebagai elemen pertama yang dilihat oleh konsumen. "Kemasan yang menarik dapat meningkatkan nilai jual produk. Jangan lupa, kemasan juga harus fungsional dan sesuai dengan karakteristik produk," jelasnya Dalam sesi ini, peserta diajak untuk merumuskan visi dan misi brand mereka serta bagaimana menyampaikan pesan brand secara efektif melalui berbagai media. 

Pemateri kedua, Lutfia Salsabila dan Churin Oktavia, Mahasiswa KKN Nusantara Moderasi Beragama 2024, menyampaikan materi tentang Pentingnya Desain Packaging yang menarik untuk UMKM. Pemateri menekankan pentingnya membangun brand yang kuat dan konsisten. "Brand adalah identitas usaha. Membangun brand yang kuat berarti membuat produk dikenali dan dipercaya oleh konsumen," ujarnya. Pemateri juga memberikan contoh desain kemasan yang efektif.

Acara ini diakhiri dengan closing statement dari Ageng Sutrisno. "Kami berharap dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM di Desa Sukses Mandiri dapat lebih berkembang dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas," ujar GM Esga tersebut saat menutup acara.


Penulis: Eva Savanda

Asal Instansi: UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama